Seminar Literasi Digital di MTsN 2 Jember

You are currently viewing Seminar Literasi Digital di MTsN 2 Jember

Bertempat di aula MTsN 2 Jember pada tanggal 7 September 2022, diselenggarakan seminar literasi dengan tema, “Penguatan Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Madrasah”. Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kerja tim Gerakan Literasi Madrasah (GELEM), yang bertujuan untuk mencetak generasi milenial yang literat dan visioner.

Hadir dalam kegiatan seminar, diantaranya Kepala Kantor Kemenag kabupaten Jember, Bapak Muhammad, S.Sos.,M.Pd.I., dan  Pemimpin Umum Media Guru Indonesia yang juga sebagai CEO Gurusiana, Bapak Muhammad Ihsan, S.Pd. Dalam sambutannya, Bapak Kepala Kantor Kemenag mengatakan agar semangat menulis bisa ditularkan kepada seluruh guru di lingkungan Kemenag di Kabupaten Jember. Tidak hanya guru MTsN 2 Jember saja yang menulis buku, tetapi guru-guru dari madrasah yang lain diharapkan juga produktif dalam menghasilkan karya dalam bentuk tulisan.

Kehadiran Bapak CEO Gurusiana ini adalah bentuk perhatian dan apresiasi pihak Media Guru Indonesia atas prestasi MTsN 2 Jember, telah menjadi kontributor terbanyak dalam lomba menulis di Media Guru. Sebanyak 7 guru dan 22 siswa MTsN 2 Jember yang menjadi pemenang dalam lomba menulis di Media Guru Indonesia pada bulan Agustus 2022.

Kepala MTsN 2 Jember, ibu Nur Aliyah, S.Pd.,M.Pd., dalam upacara pembukaan mengucapkan terimakasih kepada segenap tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. Lebih lanjut beliau menyampaikan keinginannya untuk mengajak semua peserta seminar agar ikut kontributif dalam kegiatan literasi. Sebagai pemateri dalam seminar ini adalah  Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Guru Indonesia, Bapak Eko Prasetyo, S.S.,M.I.Kom. Peserta seminar yang hadir adalah guru-guru madrasah yang tergabung dalam Ikatan Guru Madrasah Penggiat Literasi (IGMPL), Kepala MTs se KKMTsN 2 Jember, dewan guru dan karyawan/karyawati MTsN 2 Jember, serta siswa-siswi MTsN 2 Jember.

Banyak manfaat dan ilmu baru yang diperoleh peserta seminar pada kegiatan tersebut, diantaranya adalah overview tentang literasi di dunia maya, motivasi menulis, cara mempublish tulisan dan cara membuat buku. Satu pelajaran yang tersirat dari paparan pemateri, yaitu sebuah ketulusan dan pengabdian yang luar biasa dalam berbagi dan menebarkan semangat literasi kepada semua orang. Dan semangat inilah yang menjadi bahan bakar untuk menghasilkan sebuah karya. Sebelum mengakhiri presentasinya, Bapak Eko Prasetyo menyisipkan sebuah  closing statement, yang terucap akan lenyap, yang tertulis akan abadi.

Loading

Leave a Reply