PENERIMAAN MAHASISWA PLP UIN KHAS JEMBER DI MTsN 2 JEMBER

You are currently viewing PENERIMAAN MAHASISWA PLP UIN KHAS JEMBER DI MTsN 2 JEMBER

Pada hari Senin tanggal 19 September 2022, bertempat di laboratorium IPA MTsN 2 Jember dilaksanakan serah terima mahasiswa program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) Universitas Islam Negeri K.H Achmad Shiddiq (UIN KHAS) Jember. Acara serah terima ini dikemas dalam sebuah seremoni yang dipimpin oleh waka kurikulum MTsN 2 Jember, ibu Marti.

Sebagai rangkaian acara kegiatan ini diawali dengan penyerahan mahasiswa PLP, yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), yaitu ibu Hj. Dewi Nurul Qomariyah, S.S.,M.Pd. Dalam pengantar penyerahannya, ibu Dewi berpesan kepada seluruh mahasiswa PLP agar memahami dan mengimplementasikan empat komptensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Lebih lanjut beliau juga berpesan kepada mahasiswa PLP untuk mematuhi peraturan yang ada di MTsN 2 Jember. Kepada guru pamong, ibu Dewi menitipkan mahasiswa PLP agar didampingi dan dibimbing dalam praktek mengajar, serta memberi teguran jika mereka melakukan pelanggaran.

Sementara itu kepala MTsN 2 Jember, ibu Hj. Nur Aliyah, S.Pd.,M.Pd., memberikan sambutan yang hangat kepada para mahasiswa PLP UIN KHAS Jember. Beliau  menyampaikan terimakasih kepada pihak UIN KHAS Jember atas kerjasama yang terbangun selama ini, sehingga MTsN 2 Jember dapat bermitra dengan UIN KHAS untuk meningkatkan layanan pendidikan.

Ada 12 mahasiswa yang diserahkan dalam acara tersebut. Mereka berasal dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris IPS dan Pendidikan Agama Islam. PLP di semester ganjil ini akan berlangsung selama 2 bulan, terhitung mulai tanggal 19 September 2022. Melalui program PLP ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka terima di bangku kuliah, serta mempunyai pengalaman dalam mengelola Lembaga Pendidikan.

Leave a Reply