Semarak Ramadhan di MTsN 2 Jember: 390 Siswi Mengikuti Pondok Ramadhan Hari Pertama dengan Antusias

MTs Negeri 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi


Jember (Humas)- Suasana Ramadhan semakin kental terasa di MTsN 2 Jember dengan penyelenggaraan Pondok Ramadhan selama dua hari, yaitu Senin dan Selasa, tanggal 18-19 Maret 2024. Kegiatan pondok Ramadhan pertama berlangsung pada hari ini, Senin (18/3/2024) di Masjid MTsN 2 Jember (Masjid Nur Mujahidin) ini diikuti oleh sekitar 390 siswi kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan hari kedua, Selasa (19 Maret 2024) akan diikuti sejumlah 335 siswa kelas VII, VIII, dan IX. Para guru, karyawan, dan kepala MTsN 2 Jember pun turut mendampingi para siswa selama kegiatan berlangsung.

Pondok Ramadhan MTsN 2 Jember tahun ini mengangkat tema “Meraih keberkahan melalui ibadah dan Muhasabah”. Tema ini dipilih untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap nilai-nilai agamanya, sehingga siswa mampu bermuhasabah diri dengan meningkatkan akhlak mulia selama Ramadhan. Kegiatan Pondok Ramadhan diawali dengan shalat Dhuha berjamaah, dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur’an bersama yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Selanjutnya, mereka mengikuti kegiatan Kajian Ramadhan tentang “Ketentuan dan Keutamaan Puasa” yang disampaikan oleh para santri perwakilan Mahasiswa Pondok Pesantren Lirboyo. Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama dengan pihak Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dengan MTsN 2 Jember. Antusiasme para siswa terlihat sangat tinggi dalam mengikuti berbagai kegiatan Pondok Ramadhan. Mereka terlihat fokus dan semangat dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan para Santri Lirboyo.

Kepala MTsN 2 Jember, Nur Aliyah M. Pd. menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan Pondok Ramadhan ini.

“Alhamdulillah, kegiatan Pondok Ramadhan tahun 1445 H ini berjalan dengan lancar dan sukses. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini, semoga para siswa/siswi menjadi generasi yang berakhlakul karimah” ujar Nur Aliyah M.Pd.

Semua warga MTsN 2 Jember khususnya para siswa-siswi tampak antusias mendengarkan kajian terkait serba-serbi Ramadhan Tahun 1445H. Hal ini terbukti dari respon bahagia siswa saat diwancarai. “Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan Pondok Ramadhan ini, saya dan teman-teman menjadi siswa yang memahami berbagai hal terkait Ramadhan yaitu keutamaan puasa yang dikemas dengan seru dan mudah dipahami kontennya karena diselingi tanya jawab. Kami merasakan kebahagiaan dan keberkahan, karena dapat berkumpul dan mengikuti kajian bersama dengan teman maupun guru, karyawan dan kepala MTsN 2 Jember” ungkap Qonita Naila F salah satu siswi (Kelas VIII E) MTsN 2 Jember.

Momen kebersamaan yang dikemas dalam kegiatan Pondok Ramadhan MTsN 2 Jember merupakan salah satu upaya madrasah dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Islami bagi para siswa/siswinya. (AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply