Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Pembiasaan Senam Bersama Siswa dan Stakeholder MTsN 2 Jember

MTsN 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi


Jember- Cuaca yang tampak mendung tidak menghalangi semangat keluarga besar MTsN 2 Jember untuk mengapresiasi pola hidup sehat di lingkungan madrasah melalui giat “Senam Sehat Bersama Keluarga Besar MTsN 2 Jember”. Kegiatan senam sehat bersama ini rutin diagendakan setiap satu bulan sekali dengan instruktur dari Guru Olahraga Ani Kuntariani, M.Pd. Pada hari ini tepat kedua kalinya pada Kamis (18/1) digelar kembali di lapangan MTsN 2 Jember. Walaupun beberapa bulan sebelumnya sempat vakum, karena kegiatan madrasah yang padat. Giat senam sehat ini disisipkan sebelum pembelajaran dengan melibatkan 808 peserta yang berasal dari 750 siswa, 57 guru/ karyawan dan  kepala madrasah. Momen senam sehat bersama ini merupakan implementasi program Pemerintah Republik Indonesia bekerja sama dengan UNICEF yang dapat mendekatkan hubungan antara siswa dengan guru, karyawan, maupun kepala madrasah.  

Kegiatan senam sehat bersama ini diawali pemanasan dengan iringan musik selama 15 menit, 50 menit gerakan inti, dan 10 menit gerakan pendinginan. Hampir semua peserta tampak semangat dan bergembira mengikuti gerakan instruktur senam diikuti alunan musik, termasuk Nur Aliyah sebagai kepala madrasah. Setelah kegiatan senam bersama, beliau menyampaikan pendapat terkait pentingnya senam bersama ini. “Kegiatan senam merupakan wujud penerapan pola hidup sehat yang seharusnya patut diapresiasi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan meraih prestasi, khususnya kaum remaja (siswa-siswi MTsN 2 Jember)”.

Semua warga MTsN 2 Jember tampak antusias mengikuti senam bersama ini yang dibuktikan dari respon bahagia siswa saat diwancarai. “Alhamdulillah, saya dan teman-teman merasa bahagia menjadi bagian MTsN 2 Jember yang menerapkan senam sehat. Kami mengikuti alunan musik dan setiap gerakan instruktur bersama teman, guru, dan kepala madrasah, meski beberapa teman hanya duduk. Setelah senam bersama, saya merasakan tubuh saya lebih fit” ungkap Ghozi salah satu siswa MTsN 2 Jember. Beberapa manfaat senam sehat bagi kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung/ pembulu darah, memperkuat otot, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, menurunkan berat badan. Kepala madrasah berharap melalui pembiasaan senam bersama di madrasah dapat  meminimalisir penggunaan gadget. Pola hidup sehat tidak hanya melalui senam bersama, tetapi juga dengan kegiatan makan sehat bersama. Momen kebersamaan senam sehat ini dapat menjadi pembiasaan positif untuk lebih gemar hidup sehat para siswa-siswi di masa mendatang. (AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply