SAAT KEHADIRANMU MENGALIHKAN DUNIAKU

Oleh : Ulil Farhah.

Seakan tak percaya dengan pengumuman yang kulihat, kuulangi lagi membaca dengan seksama judul proposal yang lolos lomba MYRES 2022 bidang Ilmu Keagamaan Islam (IKI) tingkat madrasah tsanawiyah, ternyata memang benar, ada. Alhamdulillah puji syukur tak terbilang atas prestasi yang tak disangka bahwa tim riset siswa bimbingan kami bakal lolos 120 besar lomba karya tulis ilmiah berbasis riset (MYRES) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI dari sekian ribu peserta se-Indonesia dan maju ke tahap berikutnya, yaitu presentasi proposal. Bahagia bercampur bangga sekaligus ada tanggung jawab besar yang kami emban demi melewati tahap berikutnya dan tentu memerlukan waktu khusus untuk mempersiapkan materi presentasi proposal serta mental kedua siswa bimbingan kami.

Alhamdulillah, tim kami adalah siswa dan guru-guru hebat yang rela meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran demi mensukseskan lomba MYRES ini. Ibu Aisyah sebagai pembimbing denganku, Ibu Heni sebagai ahli bahasa, Bapak Myko sebagai ahli IT, Bapak Maijoso yang setia dengan lantunan doa-doa terbaiknya untuk tim kami, Bapak Arif sebagai Waka humas, teman-teman guru yang menyemangati kami, dan yang terpenting Ibu Nur Aliyah sebagai kepala madrasah yang mendukung penuh kegiatan kami di lapangan, serta kedua siswa kami yang berperan penting dalam menghadapi lomba, yaitu M. Faathir Mochtar dan Dannis Keyko Pradinata.

Hampir tiga bulan kami lalui kebersamaan ini dengan kedua siswa terpilih untuk mempersiapkan lomba. Tanpa sadar ada ikatan batin yang terjalin antara guru dan siswa layaknya seorang ibu dan anak. Ada saat-saat kami serius sambil berdiskusi, ada juga saat-saat kami bercanda ketika bosan mulai menyapa, bahkan siswa kamipun tidak canggung curhat tentang kehidupan keluarga dan kehidupan pribadinya. Saking asyiknya mendampingi dan membimbing mereka, terkadang kami jadi lupa waktu, bahkan lupa makan. Saat yang lain asyik terlelap, kami masih asyik mencari informasi yang dibutuhkan dari berbagai sumber, demi madrasah tercinta.

Berkat semangat dan kerja keras, akhirnya siswa kami berhasil. Rasa waswas, haru, dan bangga bercampur menjadi satu saat menyaksikan mereka tampil maksimal mempresentasikan proposal dan akhirnya berhasil lolos masuk final 26 besar menyisihkan120 peserta. Tahap selanjutnya adalah mereka harus melakukan riset lapangan pada obyek penelitian yang kami pilih dan mempresentasikan laporan penelitian di depan dewan juri. Menjadi peserta 26 besar adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kami. Berkat mereka berdua, madrasah kami menjadi dikenal oleh penggiat pendidikan di lingkungan madrasah. Walaupun baru pertama kali mengikuti lomba tersebut, namun sebuah lompatan yang sangat jauh telah mereka lampaui. Walaupun pada akhirnya harus terhenti tidak sampai lolos ke babak grand final, namun kami tetap bangga pada kalian berdua. Kalian telah membuat sejarah dan semoga menjadi motivasi bagi adik kelas kalian agar mampu bersaing pada lomba MYRES di tahun-tahun yang akan datang.

Prestasi yang telah kalian capai tentu tak terlepas dari peran dan dukungan bapak ibu guru semua. Yang paling penting, di balik keberhasilan kalian ada seseorang yang berperan membentuk karakter kalian menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri, yaitu ayah dan terutama ibu. Sejatinya, ibu kalian adalah guru hebat sekaligus madrasah pertama di kehidupan kalian. Kami, para guru di madrasah hanyalah orang tua pengganti selama kalian menuntut ilmu. Walaupun kalian berdua dilahirkan dari dua orang ibu yg berbeda latar belakang, namun sebuah doa dan harapan yg sama selalu mereka selipkan di sepertiga malam terakhir yaitu ingin kalian menjadi anak yang tidak hanya berprestasi tetapi juga santun dan tangguh menghadapi masa depan.

Setelah melewati perjuangan yang cukup panjang, selesailah tugas kalian mengikuti lomba, selesai pulalah kami membimbing dan mendampingi kalian. Seakan ada ikatan yang terlepas dari hati dan pikiran. Ternyata, kehadiran kalian berdua sanggup mengalihkan duniaku, dunia kami para pembimbing kalian. Doa terbaik kami, semoga kalian menjadi pribadi yang tangguh dalam mewujudkan masa depan gemilang. Aamiin…

Leave a Reply