Guru Hebat

oleh : Nur Indah Rakhmawati

Sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk mengajar dan mendidik. Guru hebat adalah guru yang mampu mengantarkan dan mewujudkan peserta didiknya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Baik dalam peningkatan ilmu pengetahuan sesuai standartnya, maupun peningkatan sebagai diri pribadi yang berbudi pekerti luhur, atau memiliki sikap yang berakhlak mulia. Disinilah tugas dan peran guru dibutuhkan oleh peserta didik untuk menjadi sosok yang bisa mendidik, mendampingi, mengayomi, panutan dan bisa menginspirasi mereka. Guru dituntut bisa dekat dengan peserta didik, tidak lagi egois, terkesan galak dan ditakuti, tidak lagi jaim (jaga image). Sehingga lebih mudah untuk berinteraksi agar kegiatan belajar mengajar lebih mudah terlaksana serta tercipta hubungan yang lebih harmonis.
Tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan untuk bisa menjadikan peserta didik seperti yang diharapkan. Dengan berbagai karakter dan latar belakang berbeda yang dimiliki peserta didik, menjadikan guru harus sabar, adil, telaten dan kreatif dalam memperlakukannya. Hendaknya guru menerapkan metode dan pendekatan yang cermat, agar tidak mudah membuat kesimpulan bahwa kesalahan selalu pada murid, serta mengeluh karena kondisi kelas yang terkadang belum mencapai target yang diinginkan. Seorang guru harus mampu menginstrospeksi diri, memahami proses belajar yang belum maksimal, kemudian dengan kreatifitasnya mampu memperbaiki dan menciptakan iklim belajar yang lebih baik, menguasai kelas, dengan mengkondisikan kelas menjadi suasana belajar yang diinginkan. Ketrampilan yang dimiliki seorang guru akan mampu menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk meningkatkan belajarnya, baik melalui membaca, menulis, dan lain-lain.

Guru hebat adalah guru yang mampu mengantarkan dan mewujudkan peserta didiknya menjadi lebih baik dari sebelumnya

Guru hebat adalah guru yang bisa menggiring dan meningkatkan kemampuan, bakat dan minat anak sesuai talenta yang mereka miliki. Tidak untuk memaksakan kehendak dan keinginan guru sepihak. Pembelajaran itu bertujuan untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan peserta didik, baik melalui membaca, menulis, berbicara, menghitung, maupun bakat seni, olahraga dan ketrampilan yang mereka miliki untuk bisa dikembangkan, Guru yang hebat adalah guru literat, yaitu guru yang berkwalitas. Bukan hanya peserta didik yang dituntut untuk meningkatkan kemampuannya, tapi juga gurunya.. Untuk mewujudkan kwalitas guru yang lebih baik, seorang guru juga dituntut untuk terus belajar, agar dapat menggali bakat, talenta, dan ketrampilan yang bisa mewujudkan pengelolaan kelas yang menyenangkan, sesuai dengan kondisi perkembangan jaman serta dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik.
Mudah-mudahan dengan terus belajar, berinovasi, berkreasi, banyak membaca, dan menulis, serta memahami karakter peserta didik, seorang guru dapat meningkatkan wawasan untuk mampu mewujudkan impian menjadi guru hebat. Dengan harapan melahirkan peserta didik yang lebih baik dan terus lebih baik, menjadikan generasi yang beriman, berpotensi dan kreatif. Dengan upaya mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan lebih berkwalitas.

Re-Post : http://nurindahrakhmawati.gurusiana.id/

Loading

Leave a Reply