Kuliner “Pastel Echo” di Jember

You are currently viewing Kuliner “Pastel Echo” di Jember

Contributor : Nur Indah Rakhmawati

Kuliner adalah berbagai jenis makanan dan minuman hasil olahan. Banyak kuliner sekarang yang kekinian atau hasil asimilasi dengan masakan luar negeri, sebagai bentuk kreatifitas dan perkembangan jaman, sehingga mampu menghasilkan kuliner cita rasa baru berbagai jenis makanan maupun minuman. Bahkan kini, kuliner juga menjadi ajang wisata yang ada di berbagai daerah di Nusantara. Wisata kuliner adalah kunjungan ke suatu tempat untuk mencoba rasa dari makanan atau minuman khas yang dimiliki oleh suatu daerah.
Keaneka ragaman kuliner saat ini, bahkan jenis makanan kekinian yang mengundang selera banyak orang, baik kalangan remaja maupun dewasa, tidaklah mengalahkan kuliner asli Indonesia. Hampir seluruh daerah di wilayah Indonesia, memiliki kuliner khas masing-masing, baik itu jajanan tradisionalnya, minuman ramuan rempah atau jamunya, maupun berbagai masakan sayuran dan olahan lauk pauknya. Setiap orang memang punya selera yang berbeda-beda, itu manusawi. Namun, selera saya adalah masakan asli Indonesia, apalagi yang berbau tradisional, wah…maknyos, mantab rasanya. Lidah asli Indonesia tidak dapat dipungkiri, tetap masakan dengan olahan rempah adalah yang terenak tiada duanya.
Di Jember, ada satu kuliner jajanan pasar yang disukai masyarakat dan juga sangat saya idolakan, yaitu Kue Pastel Echo, yang belakangan ini viral karena rasanya sangat nikmat dan ukurannya besar serta isinya padat. Kue pastel basah ini kulitnya renyah, prul dan isiannya banyak, berisi daging ayam cincang, wortel, telur dan bumbunya beda dengan pastel pada umumnya, karena terasa banget rempahnya. Rasanya yang kaya akan rempah-rempah, membuat kue pastel di Jember ini unik, khas, enak dan terasa asli Indonesia. Harganya juga sangat murah dan terjangkau, hanya Rp. 6.000,- per biji. Kue pastel ini menjadi idola semua kalangan, hal ini terbukti dengan banyaknya konsumen yang antri untuk membeli setiap hari. Proses pembuatannya, mulai dari pembentukan pastel hingga menggorengnya dilakukan langsung ditempat jualan, pedangang kaki lima ini menampilkan open kitchen atau dapur terbuka, sehingga pastel yang dibeli pelanggan masih hangat dan fresh .
Penjual kuliner kue pastel basah yang sangat laris ini, tepatnya di Jl. Gajah Mada Jember. Buka setiap hari, mulai jam 8.00 pagi sampai siang sudah habis. Bahkan pedagang kaki lima ini mampu menjual 1000 pastel setiap hari. Meskipun berjualan dipinggir jalan dengan menggunakan gerobak, mereka tampak profesional. Pegawainya terdiri dari anak-anak muda, dan memakai seragam ala koki, lengkap dengan sarung tangan plastik, masker dan tutup kepala, sehingga pastel ini terjamin higienis. Kemasannya sangat menarik, menggunakan box warna hitam yang didesain dengan logo warna kuning bertuliskan “Pastel Echo”. Pelayanannyapun sangat bagus, bahkan konsumen bisa membeli secara drive thru atau tanpa harus keluar dari mobil, karena akan ada pegawai yang melayani dan mengambilkan pastel yang dipesannya.
Kuliner jajanan pasar “Pastel Echo” sesuai namanya echo artinya enak, sangatlah tepat jika menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Jember. Sehingga menambah lagi daftar makanan khas daerah Jember. Cocok untuk dijadikan camilan sambil menikmati keindahan kota Jember Jawa Timur. Siapapun yang pergi ke kota Jember, silahkan untuk mencoba kuliner jajanan pasar Pastel Echo, pasti dijamin enak, murah dan sehat.Re

Re-Post : http://nurindahrakhmawati.gurusiana.id/

Leave a Reply