Berkah Ramadhan: Kepala MTsN 2 Jember Launching Buku “Two of the Years” Kumpulan Pentigraf Karya Siswa Kelas IX H 

You are currently viewing Berkah Ramadhan: Kepala MTsN 2 Jember Launching Buku “Two of the Years” Kumpulan Pentigraf Karya Siswa Kelas IX H 

MTsN 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi

Jember (Humas) – Suasana penuh rasa haru dan bahagia menyelimuti MTsN 2 Jember bersamaan Bulan Ramadhan Tahun 1445 H/ Tahun 2024 ini, tepatnya hari ini Rabu (22/3/2024) diadakan acara launching buku “Two of the Years: Kumpulan Pentigraf” di Cafe Rumput pada pukul 16.00 hingga 18.30 WIB. Buku ini merupakan kumpulan pentigraf (cerpen tiga paragraf) karya para siswa kelas IX H MTsN 2 Jember Tahun Ajaran 2023/2024.

Kepala MTsN 2 Jember menghadiri acara launching yang dikemas dengan konsep intimate party ini bersama 16 siswa kelas IX H, Waka Kurikulum Marti M.Pd, Guru Pendamping Literasi dan ketua Tim Gelem (Ria Kupatiya S.S.), Wali Kelas Tjutjuk Jusniarto, dan Tim Cyber madrasah Dirgan Galih bersamaan dengan “Buka Bersama”. Suasana santai dan akrab terasa dalam acara ini, terbukti dari dresscode para siswa menggunakan cosplay unik. Walaupun harus kerja keras di tengah kesibukan sebagai siswa kelas SKS 2 Tahun, mereka terus menorehkan prestasi dan pencapaian karya salah satunya menghasilkan buku, yang berbeda dengan kelas SKS 2 Tahun angkatan sebelumnya. 

Proses pembuatan buku ini diawali penulisan dan pengumpulan naskah semua siswa kelas IX H pada bulan Desember 2023. Kemudian, pada bulan Januari, dilakukan proses editing naskah, dan proses cetak pada bulan Februari 2024 oleh penerbit. Finally, pada bulan Maret 2024, buku “Two of the Years: Kumpulan Pentigraf” diterbitkan Licensi yang berisi suka duka selama menjadi siswa kelas 2 Tahun di MTsN 2 Jember resmi diluncurkan. Meski sempat terkendala pada mesin cetak, akhirnya melalui dedikasi dan kerja keras para siswa kelas IX H didampingi guru (Ria Kupatiyah S.S) dan Tim Gelem (Sri Wahyuni S.Pd), buku ini berhasil diterbitkan tepat pada Bulan Ramadhan. Acara launching ditandai dengan penyerahan buku simbolis oleh Kepala Madrasah kepada perwakilan siswa kelas IX H dan dilanjutkan sambutan Hj. Nur Aliyah M.Pd. berisi ungkapan rasa bangga dan apresiasi atas karya siswa berupa kumpulan pentigraf yang ber-ISBN ini. 

“Alhamdulillah, selamat atas semua dedikasi dan prestasi siswa kelas ini yang mengharumkan nama madrasah hingga tingkat nasional. Semoga tahun depan semakin banyak yang menghasilkan buku sesuai julukan sekolah kita sebagai Madrasah Model Literasi tingkat Nasional,” ungkap Hj. Nur Aliyah kepala MTsN 2 Jember yang juga pegiat literasi madrasah. 

Siswa kelas IX H MTsN 2 Jember tampak antusias sekaligus bangga atas karya mereka yang telah dibukukan dan ber-ISBN. “Alhamdulillah acara tadi sangat seru, kami cukup senang atas kesuksesan menghasilkan buku hingga launching. Semoga kelas lain segera mengikuti jejak kami” ujar Ataya Mahya N (siswa Kelas IX H) yang juga memiliki karya buku solo selama menjadi siswa MTsN 2 Jember. 

Acara launching ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah. Acara ini ini merupakan bukti nyata bahwa MTsN 2 Jember berkomitmen untuk mengembangkan budaya literasi di kalangan siswanya.(AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply