SIAP HADAPI TRANSFORMASI: KEPALA MTsN 2 JEMBER IKUTI RAKERPIM KANTOR KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2024

MTsN 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi


Jember (Humas) – Sebagai tindak lanjut Rakernas 2024 arahan Kepala Kementerian Agama RI, salah satu peserta rapat kerja yaitu Kepala MTsN 2 Jember (Nur Aliyah M. Pd.) didampingi Kepala TU (Niyati S.E.) turut mensukseskan Transformasi dengan mengikuti Rapat Pimpinan (Rakerprim) Kantor Kementerian Agama Tahun 2024. Acara yang bertempat di Meeting Room Kalibaru Cottage Banyuwangi selama 2 hari ,yaitu pada Selasa-Rabu, tanggal 6-7 Februari 2024 berisi paparan kegiatan Rapat Kerja Pimpinan, Pembahasan Program Kerja dan Anggaran Tahun Anggaran 2024. Kegiatan rapat ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB selama dua hari ini membuat para peserta menginap di Kalibaru Cottage tersebut dengan pembagian materi menjadi 3 sesi.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, M.Pd.I. dan didampingi Kepala Subbag Tata Usaha Ahmad Tholabi, 7 Kepala Seksi dan Penyelenggara, para Kepala Seksi, Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten, Kepala Madrasah Negeri (jenjang MI, MTs, dan MA) se-Kab. Jember dengan didampingi Kepala TU atau bendahara masing-masing, Pokjawas Madrasah, Pokjawas Pendidikan Agama Islam, Pokja Penyuluh Agama Islam, Fungsional Analis Kepegawaian, Fungsional Pengadaan Barang dan Jasa, Fungsional Perencana, Fungsional Pranata Komputer, Fungsional Arsiparis, Pelaksana Kehumasan, Bendahara Pengeluaran. Rapat kerja dengan tema yang selaras dengan Rakernas “Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045” ini bertujuan mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dan mensinkronkran program maupun kegiatan yang akan dilaksanakan, untuk diidentifikasi titik permasalahan serta menemukan solusinya.

Kepala MTsN 2 Jember (Nur Aliyah M.Pd.) bersama para kepala MTs Negeri menyampaikan materi ke-2 terkait pemaparan Program Kerja Tahun Anggaran 2024 pada Selasa (6/2/2024)

Rapat diawali dengan sambutan Kasubag TU juga sebagai ketua Panitia dengan pemaparan laporan kegiatan. “Acara ini diharapkan sebagai agenda pertama dan semoga dapat diagendakan pada tahun-tahun berikutnya.” ungkap beliau. Selanjutnya, pengarahan Kepala Kemenag Jember terkait rapat kerja sebagai pengejawantahan kebijakan hasil Rakernas Kemenag RI Tahun 2024. “Harapan besar terhadap program kerja yang dirancang dapat diimplementasikan dalam kegiatan tiap eselon atau satuan kerja lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Lebih jauh, beliau mengingatkan tujuan Rapat Kerja Pimpinan ini, yaitu setiap satker dapat meningkatkan pelayan terbaik kepada masyarakat melalui transformasi secara terstruktur dan menyeluruh dalam bentuk peningkatan sinergi dan kolaborasi, memperteguh dan memperkuat tugas atau tanggungjawab dengan diikuti konsolidasi serta konsultasi, evaluasi kinerja yang diharapkan dapat memperkuat atau mensukseskan program kerja Kementerian Agama di masa depan harus diberikan penguatan secara masiv, kegiatan membangun Kemenag menuju transformasi harus sinkron atau terpadu satu pintu satu komando.

Kegiatan rapat dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing unsur satuan kerja Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Jember, pemaparan Program Kerja Tahun Anggaran 2024, evaluasi Tahun Anggaran 2023, paparan sinkronisasi SKP Based on Kinerja dan Bedah DIPA tahun Anggaran 2024, serta Paparan Layanan Online Terintegrasi Silantas Cekatan dan Program Tata Naskah Dinas Terintegrasi SRIKANDI. Keesokan harinya, pada Rabu 7 Februari 2024 diadakan Outbond dengan tema Character’n Capacity Building yang dipersiapkan Tim Outbond dan perjalanan pulan menuju Jember. Kepala MTsN 2 Jember, Nur Aliyah, M. Pd. yang juga mengikuti Rakerprim dengan seksama juga menyampaikan harapan terkait program kerja tahun 2024, “upaya meningkatkan capaian kinerja, memotivasi seluruh stakeholder MTsN 2 agar terus berprestasi, dan meningkatkan layanan madrasah dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat terkait sebagai langkah awal bersiap menghadapi Transformasi Kementerian Agama menuju Generasi Emas Tahun 2024.” ungkapnya. (AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply