Kado Indah Hari Anak Nasional, MTsN 2 Jember Sukses Panen Prestasi Siswa

MTsN 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi



Bukti inovasi dan kreativitas madrasah yang dikenal sebagai Madrasah Model Literasi tercermin dalam beberapa pencapaian prestasi tingkat lokal madrasah, kabupaten maupun provinsi. Hari ini beberapa siswa MTSN 2 Jember kembali berhasil mengharumkan nama madrasah sebagai kado terindah Hari Anak Nasional tahun 2023. Sejak awal November hingga Senin (20/11/2023) siswa MTsN 2 Jember yang beralamat di Jalan Merak No. 11 Slawu berhasil menyabet prestasi demi prestasi dari berbagai cabang lomba baik akademik maupun nonakademik.

Prestasi siswa tingkat lokal madrasah seperti menjadi juara 1-3 dalam lomba kebersihan kelas dan lomba menulis puisi yang diadakan mahasiswa PLP UINKHAS Jember. Walaupun awalnya para siswa banyak mengalami kesulitan selama menulis atau menciptakan puisi, tetapi semangat mereka tidak pernah padam untuk membumikan literasi (terutama menulis puisi) di sela kesibukan mereka mengerjakan tugas dari madrasah. Hal ini terbukti dengan pencapaian prestasi lomba cipta puisi dengan sasaran semua jenjang kelas VII, VIII dan IX yaitu juara 1 Abdillah Okta N kelas IX F, juara 2 Usmanova Ilmira kelas IX G, dan juara 3 Hanifatun Nisa VII G. Mahasiswa PLP UINKHAS Jember sengaja mengadakan lomba menulis puisi yang menyasar semua siswa kelas VII sampai kelas IX, untuk mengetahui tingkat antusiasme, kreativitas seni dan inovasi siswa MTs selama ini.

Selain lomba menulis puisi, lomba kebersihan kelas yang rutin digelar pada setiap akhir semester telah berhasil memantik antusiasme warga madrasah agar lebih peduli terhadap lingkungan, senantiasa menjaga kebersihan kelas, dan tertib administrasi. Sinergi antara Tim BK dan Tata Usaha MTsN 2 Jember sebagai tim juri lomba ini sukses melaksanakan lomba kebersihan kelas yang berlangsung selama 2 minggu dengan sasaran semua jenjang kelas VII sampai IX baik kelas Reguler, Fullday maupun Kelas SKS 2 tahun. Kegiatan ini telah berhasil diikuti semua kelas di lingkungan MTsN 2 Jember, dengan kerja sama yang melibatkan siswa dan wali kelas untuk menata kelas menjadi kelas bersih, rapi, dan lengkap administrasi. Alhasil, beberapa kelas mendapat juara 1, 2, dan 3 yang dikategorikan dalam jenjang kelas VII , VIII, dan IX. Lomba kebersihan, keindahan kelas, dan kelengkapan administrasi diperoleh kelas VII (Juara 1 kelas VII G, juara 2 kelas VII F, dan juara 3 kelas VII I), kelas VIII (juara 1 VIII E, VIII F, dan VIII G), dan kelas IX (juara 1 kelas IX E, juara 2 Kelas IX H, dan Juara 3 Kelas IX I).

Prestasi yang tidak kalah membanggakan di tingkat kabupaten dan nasional juga berhasil diraih siswa MTsN 2 Jember dalam beberapa even yaitu Pencak Silat Nasional yang mendapat medali perunggu (Kawaii Quinsya Putri kelas VIIE, Abdul Kholik Kurniawan VII A, M. Luiz Marchel VIII E), medali emas (Salwa Novelia VII G); juara 3 Karate Kumite Perorangan Maghfira Alverina Jasmine R kelas VIII E; lomba olimpiade IPA ( juara 2 Nadhifatus Aura Madhura VII E dan juara 1 Arungi Kemilau Aisyah kelas VII F) tingkat kabupaten maupun tingkat Nasional (juara 2 Nadhifatus Aura Madhura VII E dan juara 2 Aura Putri Z kelas VII F); olimpiade PAI, (juara 1 Nadhifatus Aura Madhura VII E); olimpiade bahasa Inggris tingkat kabupaten (juara 3 Aura Putri Z kelas VII F, juara 2 Siti Isnaini); lomba Tahfidz Qur’an  (Juara 1 Nadhifatus Aura Madhura VII E); lomba fashion show (Juara 1 Devita ); lomba hafalan Quran (Harapan 2 Nadhifatus Aura Madhura VII E); dan Lomba Hafalan QS. Pendek (Juara 1 Mulia Nuraini F, juara 2 Mycha Nafeeza S,  juara 3 Zafira Aura Ramadhani). Dalam bidang literasi, madrasah saya berhasil lolos menjadi pemenang rutin setiap bulan. Sejumlah 35 Siswa dan 8 guru juga telah berhasil menjadi pemenang pada periode menulis bulan Oktober 2023 yang diadakan Mediaguru dengan tema perpustakaan.  

Dalam kegiatan Apel pagi hari ini 20 November 2023, kepala sekolah dan beberapa wakil kepala bidang memberikan ucapan selamat kepada semua siswa. Semua prestasi yang diraih siswa maupun guru MTsN 2 Jember menjadi kado terindah bertepatan Hari Anak Nasional. Kepala MTsN 2 Jember menyampaikan, “Prestasi akademik maupun nonakademik bukanlah hasil pemberian pihak panitia tanpa sebab, tetapi dengan kerja sama, semangat berkompetisi, pantang menyerah, adaptif, kreatif, inovatif, dan berwawasan literat siswa, pelatih, dan pembina masing-masing kegiatan. Selain itu, berkat dukungan wali murid kepada anak-anak yang telah mendoakan putra-putrinya, sehingga MTsN 2 berhasil panen prestasi” ungkap Kepala MTsN 2 Jember di sela kesibukan beliau. Beliau juga berharap agar siswa lain yang belum menunjukkan prestasi dapat termotivasi, untuk berkompetisi secara sehat dan berprestasi sesuai bakat atau kompetensi masing-masing yang dapat memajukan MTsN 2 Jember. (AR/ed)  

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply