Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sumatif Akhir Semester Ganjil Berbasis Android Kelas 2 Tahun

You are currently viewing Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Sumatif Akhir Semester Ganjil Berbasis Android Kelas 2 Tahun

JEMBER – Tahun ini kelas istimewa MTsN 2 Jember yang menerapkan sistem SKS dapat ditempuh 4 semester telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS), yaitu Jelas VII I dan IX H yang tiap rombel berisi maksimal 20 siswa dengan beragam latar belakang. Jika tahun sebelumnya, penilaian akhir semester MTsN 2 Jember yang berlokasi di Jalan Merak 11 Slawu Jember cenderung menggunakan Kurtilas (K-13), maka tahun ini semua sekolah atau madrasah menggunakan Kurikulum Merdeka dalam KBM. Penilaian akhir di madrasah ini dimulai pada Minggu Ketiga selama 5 hari dimulai hari Senin sampai Jumat (23-27 Oktober 2023) pukul 07.30-14.00 WIB dengan mata pelajaran yang diujian adalah tiga mata pelajaran.

Sebelum memulai ujian, para siswa mengikuti shalat Dhuha berjamaah di Masjid MTsN 2 Jember sebagai upaya membentuk karakter berakhlak mulia. Selama kegiatan PSAS berlangsung, kepala MTsN 2 Jember memiliki harapan besar terhadap kesuksesan acara. “Saya berharap dengan pelaksanaan PSAS ini, semua siswa dapat menguji pemahaman materi yang disampaikan oleh guru masing-masing mata pelajaran. Selain itu, pergunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya, agar mendapat nilai memuaskan, karena kelas ini menerapkan sistem SKS dengan waktu tempuh 4 semester dan menjadi kelas terfavorit di madrasah ini. Artinya mata pelajaran yang harus dipelajari tidak cukup banyak dan menyita perhatian, serta pemahaman masing-masing siswa” ungkap kepala MTsN 2 Jember (Nur Aliyah, M. Pd.) di sela kesibukannya.

Mata pelajaran yang diujikan hari pertama atau Senin (Bahasa Indonesia, Al-Qur’an Hadist, dan BTA); Selasa (mata pelajaran Matematika, Akidah Akhlak, dan SBK); Rabu (Bahasa Inggris, Fiqih, dan IPS); Kamis (IPA, SKI, dan Prakarya/ TIK); dan Jumat (Bahasa Arab, PKN, dan PJOK). Pengawas PSAS berasal dari tim Proktor MTsN 2 Jember. Sebagai kelas satu-satunya jenjang Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jember dari tiga kelas yang termasuk dalam layanan akademik MTsN 2 Jember (Reguler dan Fullday) kelas ini harus mempelajari materi cukup banyak selama kurun waktu satu semester/ 6 bulan. mereka mempelajari materi berbagai bidang studi kelas VII hingga kelas IX, yang terbagi menjadi kelas VII semester 1-2 ditempuh dalam semester 1, kelas VIII sebagian materi masuk pada semester 2, kelas VIII sisa materi dan sebagian materi kelas IX masuk pada semester 3, dan sisa semester 4 berisi materi kelas IX semester akhir. (HR/Red)

Leave a Reply