Perpustakaan Nyaman, Generasi Cerdas Harapan Masa Depan

You are currently viewing Perpustakaan Nyaman, Generasi Cerdas Harapan Masa Depan

Oleh : Rika Nurul Barokah

Setiap orang pasti sudah mengenal perpustakaan. Perpustakaan tidak hanya terletak pada sebuah institusi saja. Di beberapa rumah pun kita bisa menjumpai perpustakaan. Walaupun perpustakaan rumahan tidak sebesar dan selengkap perpustakaan yang ada di Madrasah atau institusi lainnya. Perpustakaan adalah tempat untuk koleksi buku, majalah dan informasi berbentuk fisik lainnya. Perpustakaan lebih dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang tidak mampu beli. Setiap Madrasah pasti mempunyai perpustakaan. Berbagai seni cara menyajikan tatanan perpustakaan. Hal ini dimaksudkan agar perpustakaan terkesan nyaman oleh pengguna perpustakaan. Tidak semua orang mempunyai minat membaca yang tinggi. Membaca membutuhkan waktu dan keseriusan yang tinggi. Karena tidak sedikit waktu yang dibutuhkan untuk kita membaca jika kita sedang asyik menikmati apa yang sedang kita baca. Oleh karena itu suasana yang nyaman pada perpustakaan sangatlah penting untuk mendukung kesuksesan para pengguna perpustakaan.

Pada madrasah, perpustakaan ibarat jantungnya madrasah. Proses belajar pasti diawali dengan membaca. Jadi tidak heran bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat berperan penting dalam kesuksesan siswa. Tidak semua siswa mempunyai kebiasaan suka membaca. Minat membaca harus terus ditumbuhkembangkan untuk kemajuan madrasah. Apalagi untuk madrasah model literasi seperti di madrasah saya. Dengan membaca, banyak pengetahuan yang akan kita dapatkan. Tidak hanya pengetahuan tentang suatu mata pelajaran saja, pengetahuan apapun bisa kita dapatkan dengan membaca. Karena dengan membaca buku maka akan membuka jendela dunia. Ada terdapat banyak sumber baca yang bisa kita dapatkan. Siswa sebagai generasi muda harapan masa depan, harus mampu meningkatkan pengetahuannya dengan membaca. Semakin banyak pengetahuan yang didapatkan, semakin cerdas pula pemikiran yang dihasilkan. Tumbuhkanlah minat membaca kapanpun dan dimanapun kita berada.

Salah satu cara untuk menumbuhkan minat baca siswa adalah dengan fasilitas kenyamanan pada perpustakaan. Butuh suasana yang nyaman agar siswa menjadi betah dalam mencari pengetahuan di perpustakaan. Mulai dari awal pelayanan ketika siswa datang ke perpustakaan. Petugas perpustakaan harus ramah dan murah senyum kapada semua pengunjung. Teknologi pencarian katalog buku yang tidak rumit sehingga siswa bisa dengan mudah untuk mencari buku yang akan dibaca. Kebersihan juga sangat penting sehingga menjadikan suasana yang segar ketika siswa sedang membaca. Selain kebersihan perpustakaan, pengunjung juga harus selalu menjaga kebersihan dan kerapian perpustakaan. Fasilitas ruangan penunjang juga sangat penting, seperti kipas angin ataupun AC. Semakin banyak membaca, semakin banyak cakrawala jendela dunia yang kita dapatkan. Semakin sering membaca memberikan dampak positif kecerdasan dalam berpikir. Mewujudkan generasi yang cerdas adalah menjadi harapan untuk kemajuan masa depan bangsa. Budayakan untuk mencintai perpustakaan. Budayakan untuk mencintai membaca.

Agar lebih menumbuhkan minat membaca siswa, setiap bulan kami mendatangkan perpustakaan daerah keliling. Karena kami bekerjasama dengan perpustakaan daerah (Perpusda). Siswa dapat menikmati membaca buku dengan nyaman di tempat terbuka. Biasanya kami mengarahkan untuk membaca di Aula terbuka yang bersih dan nyaman. Banyak cara kami lakukan agar siswa gemar membaca. Besar harapan kami untuk bisa mencetak generasi muda cerdas yang kelak menjadi harapan masa depan bangsa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan petunjuk kepada kita agar kita bisa mewujudkan negara yang damai, makmur dan intelektual. Amin….

Kampung B29, 15 Oktober 2023

Biografi Penulis

Rika Nurul Barokah, lahir di Jember, 8 September 1982. Guru MTs Negeri 2 Jember. Baru memulai menulis yang ketujuh belas kali. Dia dapat dihubungi melalui :

WA : 085203145755

Email : rikanurulbarokah@gmail.com

Leave a Reply