Outing Class Mapel IPS || Mengenal Lembaga Keuangan Bank Indonesia


MTs Negeri 2 Jember punya cara jitu mengajarkan siswanya tentang lembaga keuangan di Indonesia. Kepala sekolah dan guru MTs Negeri 2 Jember mengajak langsung observasi dan belajar langsung tentang lembaga keuangan dengan datang langsung ke Bank Indonesia Perwakilan Jember.
Saat pelajaran IPS, Hj Nur Aliyah MPd, kepala MTs Negeri 2 Jember dan Dra. Nur Indah Rakhmawati guru mata pelajaran IPS mengajak siswanya belajar langsung ke Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jember. Bank Indonesia sebagai bank sentral Indonesia.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran guna membekali dan menjadikan peserta didik lebih dinamis, inovatif serta memiliki keunggulan, diperlukan adanya kegiatan pembelajaran kontekstual dan observasi melalui outing class yaitu berkunjung langsung ke kantor Bank Indonesia Perwakilan Jember,” kata Hj Nur Aliyah MPd, kepala MTs Negeri 2 Jember

Menurut dia, kunjungan ke Bank Indonesia sesuai dengan materi IPS 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka tentang Lembaga Keuangan di Indonesia. “Maka dipandang perlu untuk belajar secara langsung dari orang atau lembaga yang kompeten dibidangnya, yaitu pada Bank Indonesia (BI),” ujarnya.
Tujuan kegiatan tersebut untuk menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman dan situasi baru yang menyenangkan. Dengan harapan peserta didik dapat mengkaitkan antara materi yang diajarkan guru dengan situasi nyata, yaitu melihat secara langsung serta mendapatkan pengetahuan dari narasumber yang kompeten. “Sehingga mampu mendiskripsikan materi dengan benar serta lebih cepat ketercapaian tujuan proses pembelajaran,” ujarnya.
Hal inilah yang mendasari terlaksananya kegiatan outing class pada mata pelajaran IPS kelas PDCI (Peserta Didik Cerdas Istimewa) di MTs Negeri 2 Jember. “Kelas ini merupakan kelas percepatan selama 2 tahun. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 13 September 2023. di Lembaga Keuangan Bank Indonesia pada jam 08.00 – 11.00 WIB,” imbuh Dra. Nur Indah Rakhmawati guru mata pelajaran IPS MTs Negeri 2 Jember.
Dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka, sangat memungkinkan untuk menggabungkan kegiatan belajar siswa kelas 7 dan 9 pada kelas PDCI. Pelaksanaan outing class ini, didampingi oleh Kepala Madrasah, yaitu Ibu Nur Aliyah, S.Pd, M.Pd. Serta oleh guru bidang studi IPS yaitu ibu Dra. Nur Indah Rakhmawati dan beberapa guru lainnya.
Kegiatan ini sangat disambut baik oleh Lembaga Keuangan Bank Indonesia. Andi selaku Wakil Deputi Bank Indonesia Perwakilan Jember berharap generasi mecintai rupiah. “Kami harap anak-anak bisa mengetuhi tujuan utama Bank Indonesia dan lebih mencintai uang Rupiah serta memperlakukannya dengan baik,” ujarnya.
Guru dan Siswa MTsN 2 Jember di Bank Indonesia mendapatkan penjelasan tentang Sistem pembayaran non tunai melaui QRIS oleh Mbak Lala. Kemudian Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah oleh Mas Fajar.

Leave a Reply