Selalu Berinovasi Untuk Meningkatkan Prestasi

You are currently viewing Selalu Berinovasi Untuk Meningkatkan Prestasi

Oleh : Rika Nurul Barokah

Tidak terasa liburan Madrasah selama tiga minggu telah berlalu. Berbagai aktifitas untuk mengisi liburan sudah dilakukan. Antara lain healing pis tipis, liburan bersama keluarga, bersih-bersih dan menata rumah, berkebun, bersantai bersama keluarga dirumah dan masih banyak lagi. Kegiatan tersebut kita lakukan dalam rangka merefresh otak karena setiap hari sudah digunakan untuk aktifitas kerja sehari-hari. Melakukan semua kegiatan dirumah dengan santai tanpa dikejar waktu untuk berangkat dinas. Selain mengisi liburan dengan bersantai, saya juga memikirkan tentang bagaimana di tahun ajaran baru lebih meningkatkan prestasi lagi.

Banyak prestasi yang Madrasah kami dapatkan selama 1 tahun ajaran sebelumnya. Prestasi-prestasi yang didapatkan antara lain prestasi lomba literasi, prestasi olimpiade akademik, prestasi dalam bidang olahraga, prestasi dalam bidang keagamaan, prestasi pramuka, prestasi dalam lomba baris-berbaris, prestasi dalam bidang seni dan lain-lain. Namun prestasi yang didapatkan tersebut masih ada saja yang belum maksimal. Karena masih belum mendapatkan juara yang terbaik. Oleh karena itu saya memikirkan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Berbagai cara saya lakukan untuk menambah ilmu demi meningkatkan mutu madrasah kami. Tahun ajaran baru, semangat berinovasi baru. Berbagai diklat online saya tekuni untuk menyerap ilmu. Tidak hanya itu, madrasah kami juga menata strategi yang akan dilakukan ke siswa agar bisa meraih yang terbaik. Contohnya untuk kegiatan lomba Kompetensi Sains Madrsah (KSM) mata pelajaran Matematika.

Tahun lalu madrasah kami kurang beruntung untuk KSM mata pelajaran Matematika. Pada babak penyisiha saja, kami tidak bisa menembus kejuaraan itu. Kami sangat terpukul dengan hasil tersebut. Berbagai evaluasi dan cara pembinaan kami lakukan agar bisa merubah hasil. Butuh adanya perubahan cara pembinaan terhadap siswa untuk mempersiapkan diri pada ajang lomba KSM. Beberapa bulan sebelum pelaksaan KSM, untuk pembinaan sudah kita lakukan dengan teratur. Pengajar KSM juga kami datangkan yang terbaru dengan kualitas tenaga pengajar yang masih muda dan berpengalaman. Disertai dengan semangat membara dari siswa calon peserta KSM. Dengan tekun dan kerjasama yang baik antara siswa dan pengajar selama berbulan-bulan. Alhamdulillah siswa kami lolos untuk babak penyisihan KSM dan lanjyt ke babak provinsi. Ternyata usaha tidak menghianati hasil.

Kami bersyukur akhirnya siswa kami ada yang lolos ke babak provinsi. Dengan semangat yang tinggi dan pembinaan yang terus menerus untuk persiapan provinsi siswa kami masih belum beruntung menuju ke babak Nasional. Mungkin ini PR bagi kami untul berinovasi di tahun ajaran baru lagi. Butuh persiapan yang lebih matang lagi untuk bisa meraih hasil yang maksimal. Butuh inovasi baru lagi dan trik khusus untuk bisa meningkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi. Semoga ke depan lagi madrasah kami bisa Berjaya dengan meraih prestasi sebanyak-banyaknya dengan hasil yang lebih memuaskan. Butuh gebrakan inovasi baru lagi untuk merubah hasil menjadi yang terbaik. Semoga apa yang kami cita-citakan untuk madrasah tercinta ini segera terwujud dengan melakukan perubahan dalam berinovasi. Serta menumbuhkan semangat tinggi untuk menjulang tinggi. Aamiin

Kampung B29, 20 Agustus 2023

Biografi Penulis

Rika Nurul Barokah, lahir di Jember, 8 September 1982. Guru MTs Negeri 2 Jember. Baru memulai menulis yang kelima belas kali. Dia dapat dihubungi melalui :

WA : 085203145755

Email : rikanurulbarokah@gmail.com

Leave a Reply