Martsanda Research Team in Action

Memanfaatkan jeda waktu setelah PAT, Martsanda Research Team (Tim Riset MTs Negeri 2 Jember) mengadakan kegiatan outting class. Pelaksanaan kegiatan ini terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada Kamis, 9 Juni 2022 sedangkan gelombang kedua dilaksanakan hari ini.

Pada gelombang 1, yang terjun ke lokasi adalah Tim Riset Agama. Sasaran kegiatan ada tiga titik yaitu Mother School Sumbersari (MOSS), Kampung Zakat di Sumberjambe, dan Kampung Tilawah di Kecamatan Silo. Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 07.30 hingga 17.00. Para siswa yang tergabung dalam Tim Riset Agama tampak begitu antusias dalam menggali informasi dari para narasumber.

Jumat, 10 Juni 2022, giliran Tim Riset IPA dan IPS yang melakukan olah TKP. Berbeda dengan Tim Riset Agama, sasaran kegiatan hanya satu tempat yaitu Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Kebun Renteng. Di tempat ini, peserta dengan saksama menyimak paparan Bapak Rizki, peneliti Puslit tentang bagaimana mengolah kopi dan kakao menjadi berbagai komoditas andalan Puslit.

Selanjutnya peserta diajak melihat dari dekat proses produksi kopi dan kakao menjadi makanan dan minuman. Hal yang paling berkesan adalah saat cooking class. Siswa dan guru dengan mengenakan seragam koki diijinkan masuk ke ruang produksi, lalu praktek membuat coklat dalam berbagai bentuk. Saat hendak keluar dari ruangan, masing-masing peserta mendapat hadiah sebatang coklat.

Rangkaian kegiatan outting class yang digelar selama dua hari ini bertujuan untuk memberikan stimulus kepada siswa agar menemukan ide cemerlang untuk melakukan penelitian. Di samping itu, outting class juga bertujuan untuk menanamkan sikap peka terhadap lingkungan. Barakallah.

***

Kampung Asa, 10 Juni 2022

Loading

Leave a Reply