MTsN 2 Jember Sukses Gelar Mabit Ramadhan 2024: Ciptakan Momen Kebersamaan Generasi Milenial Cinta Al Qur’an

MTs Negeri 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi


Jember (Humas)- MTsN 2 Jember sukses menyelenggarakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) dengan tema “Membangun Generasi Milenial yang Cinta Al-Qur’an”. Tema ini dipilih untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Al-Qur’an dan meningkatkan akhlak mulia para siswa yang notabenenya termasuk generasi milenial. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari agenda pesantren kilat Ramadhan 1445H/2024M dan sebagai implementasi salah satu sarana tarbiyah/ wasa’ilut tarbiyah dalam rangka membina dan mewujudkan siswa menjadi pribadi yang cerdas secara intelektual/ fikriyah, sehat jasmani/ jasadiyah dan memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah Swt, serta mampu menerapkan nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini berlangsung sejak hari Jumat hingga Sabtu, tanggal 22-23 Maret 2024 di Masjid Nur Mujahidin. Acara ini diikuti oleh 169 siswa kelas fullday tahfidz, guru pembina Tahfidz, guru pendamping, pengurus kelas Fullday, Waka Kurikulum, dan kepala madrasah.

Agenda kegiatan Mabit kelas Fullday Tahfidz tahun 2024 yang berlangsung selama 24 jam ini terdiri atas: kegiatan keagamaan (Kajian Ramadhan tentang adab menuntut ilmu, keutamaan menghafal Al-Qur’an, Nuzulul Quran), Shalat 5 waktu berjamaah, Shalat Jumat, Khotmil Qur’an, Muhadharah, buka puasa bersama, Tahsin Al-Qur’an, Musabahah diri sekaligus tahajud) dan kegiatan edukatif/ entertaining (Ice breaking “lomba cerdas cermat”, Pentas Seni Ensambel, dan Jalan sehat bersama sebelum penutupan).

Kegiatan Mabit yang berlangsung dengan penuh semangat ini diawali dengan shalat Dhuha berjamaah, dilanjutkan opening ceremony oleh pengurus Fullday Tahfidz, dan sambutan kepala MTsN 2 Jember yang menyampaikan keutamaan cinta Al-quran siswa MTsN 2 Jember pada bulan Ramadhan.

“Alhamdulillah pelaksanaan Mabit pada bulan Ramadhan hari ke 11 ini semua siswa dapat cinta puasa, membaca, menulis, mengkaji ilmu al quran, dan cinta rosul. Berbagai manfaat cinta rosul, Al Quran, dan puasa. Selain materi dalam kegiatan mabit ini, kalian juga dapat belajar pentingnya bekerja sama dengan teman sejawat selama kegiatan berlangsung,” ungkap Hj. Nur Aliyah M.Pd.

Selain itu, ungkapan kebahagiaan dan antusiasme tinggi pada kegiatan mabit tampak dari tanggapan siswa, salah satunya siswa kelas VII I kelas SKS 2 Tahun. “Alhamdulillah acara Mabit ini sangat seru. Kami siswa-siswi MTsN 2 Jember dapat meningkatkan ketaqwaan, menciptakan kenangan menyenangkan bersama teman, dan membangun tali persahabatan yang erat. Selain mendekatkan diri dengan guru, kami juga merasa lebih dekat dengan Al Quran,” ujar Nazurah Najla’ Khalila (siswa Kelas fullday Tahfidz VII I).

Kegiatan Mabit ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa, seperti meningkatkan kecintaan terhadap al-qur’an, memperkuat akhlak mulia, meningkatkan rasa persaudaraan dan kerjasama antar siswa, mencetak generasi milenial yang cerdas, berakhlak mulia, dan cinta Al-Qur’an. (AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply