Screening Serentak di MTsN 2 Jember: Deteksi Dini Kesehatan Siswa Kelas 7

You are currently viewing Screening Serentak di MTsN 2 Jember: Deteksi Dini Kesehatan Siswa Kelas 7

Jember (Humas) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Jember sukses melaksanakan kegiatan screening kesehatan bagi seluruh siswa kelas 7 pada Senin, 26/8/2024 di dalam ruangan masing-masing. Kegiatan yang dilakukan secara serentak ini melibatkan 9 petugas tenaga kesehatan dari Puskesmas Banjarsengon. Petugas yang berkeliling tersebar menjadi dua sambil membawa alat kesehatan, sebagian tenaga kesehatan disebar ke kelas 7 A sampai D, sedangkan sebagian lagi disebar ke kelas Fullday 7E sampai 7I didampingi oleh guru sejak pukul 8.00 WIB sampai dengan 11.40 WIB. Screening kesehatan yang dilaksanakan setiap awal tahun ajaran ini merupakan salah satu program lanjutan madrasah dalam menjaga kesehatan siswa yang mencakup pemeriksaan fisik (tes mata minus maupun buta warna, menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan tes anemia secara manual.

Semua kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi dini berbagai masalah kesehatan yang mungkin dialami siswa, seperti gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, masalah gizi, dan penyakit menular. Kegiatan screening ini adalah wujud kerja sama UKS dan Dinas Kesehatan setempat.

Hadi Wijaya S.Pd. (Waka Kesiswaan), menyampaikan pentingnya kegiatan screening kesehatan ini. “Screening Kesehatan sejak dini merupakan bentuk kepedulian sekolah terhadap kesehatan siswa, sehingga kami dapat memberikan penanganan yang tepat dan mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius,” ungkap Wakil Kepala Bidang Kesiswaan sekaligus Guru PJOK.

Dr. Davina Amalia(Dokter Umum) yang bertugas di Puskesmas Banjarsengon, menambahkan bahwa kegiatan ini dapat segera ditindak lanjuti demi masa depan mereka. “Kerja sama yang baik antara semua pihak terutama orang tua, guru, dan peserta didik sejak dini. Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat lebih peduli terhadap kesehatan diri mereka,” ungkapnya.

Syakira Tsania (kelas 7I) salah satu peserta screening, mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti kegiatan ini. “Saya merasa senang sekaligus deg-degan karena ada beberapa tes yang tidak pas. Dengan pemeriksaan kemarin, saya mengetahui kondisi kesehatan dan mendapat edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan,” ungkapnya.

MTsN 2 Jember berkomitmen untuk terus berupaya menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan kondusif bagi seluruh siswa. Pemilihan peserta didik kelas 7 sangat relevan dengan tujuan screening yaitu dapat mengidentifikasi berbagai masalah kesehatan sejak dini, penanganan sesuai bagi siswa yang memiliki masalah kesehatan, meningkatkan kesadaran peserta didik terkait pentingnya kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat, sehingga dapat belajar lebih efektif dan produktif,  serta terwujud generasi muda yang berprestasi. (AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply