Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022

Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober dan jatuh pada hari ini (Sabtu, 1 Oktober 2022). Peringatan hari kesaktian Pancasila tidak lepas dari G30S yang terjadi pada tanggal 30 September 1965. Sebagaimana diketahui, peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah sebuah pengingat akan jasa pahlawan revolusi yang gugur pada tanggal 30 September 1965.

Sehingga pada tanggal 1 Oktober, masyarakat diimbau untuk mengibarkan bendera satu tiang penuh usai sehari sebelumnya mengibarkan bendera setengah tiang.

Hari Kesaktian Pancasila sendiri telah diperingati sejak 1967 lalu. Kala itu Presiden RI kedua, Soeharto menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Hari kesaktian Pancasila merupakan pengingat bagaimana perjalanan Bangsa Indonesia dalam mempertahankan ideologi Negara. Ada perjuangan panjang yang harus diingat oleh setiap generasi bangsa dan menjadi cerminan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Ideologi Negara yang mengandung nilai-nilai luhur bangsa yang wajib diingat dan diimplementasikan di kehidupan sehari-hari oleh setiap setiap generasi bangsa.


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh segenap civitas MTsN 2 Jember beserta mahasiswa PPL UINKHAS Jember. Dalam amanatnya pembina upacara Nur Aliyah, S.Pd., M.Pd. menyampaikan tentang esensi penting peringatan Hari Kesaktian Pancasila.
Upacara kali ini dipimpin oleh Akhdan Fakhri, salah satu siswa terbaik di Bumi Martsanda.
Upacara diakhiri dengan pemberian reward kepada siswa berprestasi, Dony yang telah memenangkan kejuaraan Tenis Meja, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dari Dinas Pendidikan untuk Juara I kelompok putri Gerak Jalan Lingkot.

Leave a Reply