Prestasi Tak Selamanya Berbentuk Materi

You are currently viewing Prestasi Tak Selamanya Berbentuk Materi

Ayo belajar menulis. Itulah sebuah kata-kata yang sering terdengar salama beberapa bulan ini. Semenjak madrasah kami kedatangan kepala madrasah baru. Beliau adalah ibu Nur Aliyah, S.Pd, M.Pd.

Kepala madrasah kami yang baru saja menggantikan Bapak Ihsanuddin, S.Pd, M.Pd adalah pegiat literasi di madrasah yang lama. Beliau memang orang yang sangat gesit dalam memajukan madrasah. Maka dengan kedatangan beliau di MTsN 2 Jember ini menjadi tonggak sejarah baru dengan adanya program literasi yang masuk dalam Visi dan Misi Madrasah. Dengan visi ” Mencetak Insan Religus, Profesional, Kompetitif dan Literatif” dan Misi :Menumbuhkembangkan pengharapan dan pengamalan ajaran yang Islami Mewujudkan pelayanan prima Mengembangkan potensi peserta didik sesuai minat dan bakat. Meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan yang intensif, baik akademik maupun non akademik Meningkatkan peran aktif peserta didik dalam berbagai kegiatan ilmiah. Membudayakan kegiatan literasi. Melatih kemampuan siswa dalam melaksanakan riset. Mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

telah benar-benar diwujudkan dalam langkah yang nyata oleh beliau.

Dalam pelaksanaan misi point 1 madrasah menerapkan pembiasaan sholat Dhuha dan Dhuhur secara berjama’ah, yang mana keutamaan sholat berjama’ah adalah 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian. Disini madrasah ingin mengajarkan bahwa dalam Islam semua itu sangat mudah dalam memperoleh derajat kebaikan dari Allah SWT.

Dalam mewujudkan misi point 2 madrasah telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan prima kepada seluruh stakholder. Madrasah saat ini sudah memberikan layanan satu pintu kepada stakholder baik itu wali murid, para tenaga pendidik dan kependidikan maupun siswa serta masyarakat luas. Pelayanan dibidang pendidikan juga sudah dilakukan dengan sebaik mungkin yaitu dengan kurikulum Sistem Kredit Semester. Dimana dalam kurikulum Sistem Kredit Semester ini siswa yang mempunyai kemampuan lebih diatas rata-rata punya peluang untuk menumpuh pendidikan selama 2 tahun.

Misi point 3 dalam pelaksanaannya sudah sangat bagus sekali. Madrasah memberikan wadah potensi, bakat dan minat siswa dalam mengembangkannya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler di MTsN 2 Jember meliputi bidang olah raga, seni dan agama, diantara nya Futsal, Pencak Silat, Panahan, MIPA, Pramuka dll.

Pada point nomor 4 madrasah telah memberikan layanan program Kelas fullday (IPA, IPS, Bhs Inggris, Bhs Arab, Tahfidz) untuk memberikan layanan kepada siswa dalam meningkatkan potensi siswa dalam bidang akademik. Sedangkan dalam bidang non akademik madrasah memberikan layanan kegiatan ekstrakurikuler.

Pelaksanaan misi yang ke 5 telah menghasilkan prestasi yang sangat luar biasa, dimana 2 siswa madrasah telah lolos lomba Myres babak ke 3. “Ini diluar prediksi kami” kata ibu kepala madrasah, karena saingannya begitu berat dari seluruh Indonesia.

Pada misi yang ke 6 tidak kalah juga prestasi yang dicapai, hampir setiap bulan guru dan siswa mampu keluar sebagai pemenang lomba menulis di mediaguru.id. Bahkan diluar dugaan CEO media guru bapak Muhammad Ihsan rela hadir ke MTsN 2 Jember untuk lebih dekat mengenal madrasah kami. Dengan acara seminar literasi dengan tema “Penguatan Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Madrasah” yang juga dihadiri oleh seluruh MTsN se kab Jember serta perwakilan siswa siswi MTsN 2 Jember. Ini membuktikan dukungan yang kuat dari kementerian agama kab. Jember untuk mewujudkan seluruh madrasah di Kabupaten Jember menjadi madrasah literatif.

Dalam mewujudkan misi yang ke 7 madrasah telah melakukan pembinaan dan bimbingan bagi siswa yang mempunyai potensi dalam bidang riset dan juga bekerja sama dengan berbagai stakholder untuk mewujudkan misi tersebut, dibuktikan dengan masuknya 2 siswa kita pada lomba Myres pada babak ke 3, dan mudah-mudahan bisa lolos ke babak final.

Dan terakhir misi yang sudah dilaksanakan oleh MTsN 2 Jember dalam bidang teknologi dalam pembelajaran yaitu dengan menyediakan laboratorium komputer yang cukup memadai. Dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi dulu madrasah melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan platform dari kementerian agama pusat yaitu E Learning. Begitu dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas-kelas sudah dilengkapi dengan sarana LCD proyektor.

Dengan upaya dan pencapaian yang telah diraih oleh MTsN 2 Jember ini tidak terlepas dari peranan seluruh warga madrasah dan juga partisipasi dari seluruh stakholder. Semoga dengan semangat yang luar biasa dari kepala madrasah untuk memajukan lembaga ini dapat memberikan motivasi dan semangat yang luar biasa bagi seluruh warga madrasah untuk lebih mengembangkan potensi yang ada di MTsN 2 Jember ini.

Alhamdulillah diakhir tulisan ini saya bersyukur bisa mewujudkan pesan yang saya kirim ke WAG MTsN 2 Jember waktu itu :

sudah lama aku ingin mengatakan ini…

aku ingin MENULIS…

Samsul Arifin

Guru BK MTsN 2 Jember

Leave a Reply