Malam Bina Iman & Taqwa

Sebanyak 132 siswa kelas Fullday Tahfidz MTs Negeri 2 Jember, mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) Al Qur’an pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 23-24 April 2022. Kegiatan MABIT Al Qur’an ini merupakan salah satu program kerja Kurikulum pada sub bidang kelas Fullday.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk membumikan dan internalisasi nilai-nilai Al Qur’an dalam hati siswa siswi kelas fullday Tahfidz MTsN 2 Jember, sehingga ke depannya bisa mencetak generasi Qur’ani yang bisa menebarkan kemaslahatan bagi sesama.

Hadir dalam acara pembukaan MABIT Al Qur’an ini adalah kabid Pendma Kanwil Kemenag propinsi Jawa Timur, bapak Santoso, S.Ag.,M.Pd, kasi Pendma Kantor Kemenag kabupaten Jember, bapak Faisol Abrari, M.Pd.I., dan kepala MTsN 2 Jember yaitu ibu Hj. Nur Aliyah, S.Pd.,M.Pd. Dalam sambutannya, bapak Santoso mengatakan bahwa saat ini semua lini pemerintahan membutuhkan orang penghafal al Qur’an. Belajar al Qur’an adalah untuk kepentingan dunia dan akhirat, untuk itu kita harus sungguh-sungguh dalam mempelajarinya. Bapak kabid juga mengucapkan selamat kepada siswa siswi kelas fullday Tahfidz, telah diterima di kelas fullday tahfidz. Karena hanya siswa pilihan yang bisa diterima di kelas ini. Di akhir sambutannya beliau berpesan agar anak-anak tahfidz selalu menjaga akhlakul karimah, karena di masyarakat yang pertama dilihat adalah akhlaknya bukan kepandaiannya. Sementara itu, ibu Nur Aliyah menyampaikan bahwa orang yang hafal Al Qur’an, semua hajatnya akan terkabul dan termasuk dalam golongan orang-orang yang mulia, serta akan dinobatkan sebagai penerima mahkota terindah dari Allah.
Sebagai rangkaian materi dalam kegiatan MABIT ini diantaranya; Fikih Puasa, Nuzulul Qur’an, Khotmil Qur’an, Kemuliaan Lailatul Qodar, dan diakhiri dengan renungan malam. Pada sesi renungan malam siswa dilatih untuk menajamkan rasa dan membersihkan hati sambil melafadzkan doa menjelang tengah malam. Setelah renungan malam, peserta MABIT istirahat sampai jam 03.00 dinihari. Kegiatan dilanjutkan dengan sholat Tahajud berjamaah dan makan sahur. Selepas imsak, siswa bersiap untuk menunaikan sholat Subuh berjamaah dilanjutkan dengan Tadarus Qur’an sampai jam 06.00. Kemudian siswa mengikuti senam ringan untuk relaksasi fisik yang dari kemarin full berkegiatan serius. Sebagai penutupan kegiatan Mabit ini adalah upacara penutupan jam 07.00, yang ditutup secara resmi oleh ketua program Fullday yaitu bapak Fathur Rosi, M.Pd.

Loading