A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 32

Backtrace:

File: /home/mtsp8852/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 32
Function: _error_handler

File: /home/mtsp8852/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Tiongkok Kembangkan Teknologi Deteksi Tindak Kriminal Dini | MTs Negeri 2 Jember

MTs Negeri 2 Jember

“Terwujudnya Insan Madrasah Yang Religius, Profesional, Kompetitif, Berwawasan Global dan Peduli Lingkungan"

Jl. Merak No.11 KP : 68116, Kel. Slawu, Kec. Patrang, Kab. Jember - Jawa Timur

Tiongkok Kembangkan Teknologi Deteksi Tindak Kriminal Dini

Rabu, 06 September 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 583 Kali

Tiongkok dilaporkan tengah mengembangkan sebuah teknologi yang memungkinkan aparat setempat untuk mengetahui individu yang berpotensi melakukan tindak kriminal. Menurut Financial Times, teknologi tersebut menggabungkan facial recognition atau sistem deteksi wajah dengan sistem kecerdasan buatan yang bisa mengetahui gerak-gerik seseorang jika akan melakukan tindakan kriminal. 

Dengan demikian, aparat bisa memantau bahkan menahannya sebelum tindak kriminal terjadi. Sistem tersebut juga menggunakan teknologi tracking untuk memantau setiap kegiatan individu.

Jika kegiatannya mencurigakan, maka nilai kemungkinan untuk melakukan tindakan kriminal dari individu tersebut akan meningkat. Misal, seseorang tidak akan dicurigai jika keluar hanya untuk membeli pisau. Namun, dia bakal dicurigai jika ia juga membeli palu dan karung karena kedua benda tersebut merupakan benda berbahaya dan tidak memiliki keterkaitan kegiatan.

Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan software yang berbasis di Guangzhou bernama Cloud Walk. Saat ini Cloud Walk dikatakan sudah memasang teknologi ini untuk memonitor sistem pemantauan kepolisian di 50 kota di Tiongkok. Dengan demikian, Cloud Walk sudah bisa memonitor warga Tiongkok yang berpotensi melakukan tindak kriminal.

Sistem monitor kriminal sebenarnya bukan barang baru. Sistem serupa dikatakan Mashable juga pernah diterapkan di berbagai kota di Amerika Serikat. Namun sistem yang digunakan oleh tiongkok kali ini sangat menarik sebab rekam kegiatan masyarakat juga dilibatkan dalam pengambilan keputusan apakah seseorang berpotensi melakukan tindakan kriminal di masa depan atau tidak.

Tiongkok yang memiliki jumlah penduduk terbesar dunia memang sangat rentan terhadap tindak kriminal. Tidak heran jika pemerintahnya mengambil langkah serius dalam meminimalisir tingkat kriminal di negaranya. Salah satu upaya yang telah dilakukan saat ini adalah memasang lebih dari 150 juta CCTV di berbagai tempat.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

IHSANUDDIN, S.Pd, M.Pd

Assalamu'alaikumwarohmatullahi wabarokaatuh. Kami memahami bahwa SDM unggul bukan hanya SDM yang memiliki kemampuan yang unggul dibidang IPTEK saja. Namun lebih…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang tampilan website Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember ini?

LIHAT HASIL