Hadir Sebagai Inspirasi
MTsN 2 Jember
Jember (Humas) – Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan Kepala MTsN 2 Jember, Hj. Nur Aliyah S.Pd., M.Pd., berhasil menyelesaikan studi doktoralnya dan meraih gelar doktor. Sidang terbuka promosi doktornya yang berlangsung di Gedung Pascasarjana UIN Khas Jember pada Selasa (8/10/2024) pukul 14.00-16.00 WIB berjalan lancar.
Disertasi yang diajukan berjudul “Pengembangan Kurikulum Berbasis Riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Balung” berhasil memukau para penguji dengan nilai 92,90 predikat Cumlaude. Dalam sidang ini, promovenda mempresentasikan penelitian dan menjawab pertanyaan dari 8 dewan penguji.
Ketua Promotor Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M., membacakan kesimpulan hasil diskusi, “Promovenda Nur Aliyah dinyatakan lulus dalam ujian ini dengan nilai 92, 5 dengan predikat Cumlaude, mendapat gelar doktor ke 120 di lingkungan UIN Khas Jember,” ungkap Ketua Promotor sekaligus Rektor UIN KHAS Jember. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama terkait mengembangkan Madrasah Riset di tingkat Madrasah Tsanawiyah di Indonesia. Sidang terbuka ini dihadiri lebih dari 100 orang dari keluarga, kolega jajaran Kepala MTsN se-Kabupaten Jember, para guru atau karyawan MTsN 2 Jember, pengurus KKM MTsN 2 Jember, mahasiswa Program Kompetisi Kampus Mengajar UNESA, dan mahasiswa Asisten Mengajar UNEJ yang memberikan dukungan penuh kepada Kamad MTsN 2 Jember.
Dalam sambutannya, Kamad menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan selama proses studinya yang ditempuh selama 2,5 tahun. “Alhamdulillah, sangat berterima kasih kepada suami dan anak saya, karena telah mendampingi, mendukung secara spiritual, finansial, dan berproses saat kuliah di S3 sampai detik ini. Selain itu, pencapaian ini berkat dukungan semua rekan Kepala Madrasah Negeri maupun Swasta, teman kuliah, MTs Zainul Hasan (lembaga yang diteliti), guru karyawan MTsN 2 Jember, semoga semua yang hadir dapat termotivasi meraih pendidikan tinggi dan memberikan ilmu bermanfaat. ” ungkap Kamad yang lekat dengan banyak prestasi dengan penuh haru.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan dan menjadi landasan kurikulum Madrasah Riset khususnya di Kabupaten Jember, dan madrasah se-Indonesia pada umumnya, yang tidak hanya melibatkan guru maupun siswa yang terus dievaluasi secara berkesinambungan. Integrasi, kolaboratif dan adaptif sebagai novelty dalam penelitian ini yang melibatkan semua pihak dengan mengembangkan pendekatan modern secara komprehensif dan responsif. Penelitian ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi madrasah maupun lembaga pendidikan seluruh Indonesia, sehingga dapat menciptakan generasi kritis, inovatif, analitis, adaptif dalam menyelesaikan semua tantangan masalah secara global di masa depan. (AR)