INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA KEPADA SISWA BARU MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025.

You are currently viewing INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA KEPADA SISWA BARU MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025.

MTs Negeri 2 Jember

Hadir Sebagai Inspirasi




Bertempat di aula MTs N 2 Jember, pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2024 dilaksanakan sosialisasi Moderasi Beragama kepada siswa siswi baru Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) yang menjadi program kerja dari tim kesiswaan MTsN 2 Jember. Sebanyak 260 siswa mengikuti acara ini dengan partisipatif dan antusias, terutama dalam sesi simulasi atau permainan. Dalam durasi waktu 90 menit, kegiatan sosialisasi Moderasi Beragama dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi dan sesi simulasi.

Materi sosialisasi Moderasi Beragama disampaikan oleh tim keagamaan MTsN 2 Jember, ibu Uli Farhah, S.Ag. Presentasi materi diawali dengan penyampaian latar belakang pentingnya Moderasi Beragama. Kemudian dilanjutkan dengan topik Keberagaman bangsa Indonesia, yang menyangkut aspek multikultur, multireligi, multietnis, multibahasa, dan multigolongan.  Sebuah testimoni kasus sosial juga disampaikan untuk menguatkan pemahaman siswa secara kontekstual. Dengan belajar dari kasus yang terjadi secara nyata, siswa diharapkan bisa memahami dan mengamalkan niali-nilai moderasi beragama secara kaffah.

Lebih lanjut bu Ulil menyampaikan sembilan kata kunci Moderasi Beragama, yaitu; Kemanusiaan, Kemaslahatan Umum, Adil, Berimbang, Taat Konstitusi, Komitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan, dan Penghormatan kepada Tradisi. Sebelum sesi simulasi, para siswa diajak untuk menyarakan yel-yel bangga menjadi Duta Moderasi Beragama. Dengan penuh semangat dan antusias seluruh siswa mengikuti yel-yel yang dicontohkan oleh ibu pemateri. Pada sesi simulasi Moderasi Beragama, acara dipandu oleh ibu Dra. Nur Indah Rakhmawati dan ibu Marti, M.Pd. Ada empat kelompok yang dilibatkan dalam sesi ini. Dengan media ular tangga, keempat kelompok tersebut mendemonstrasikan permainan dengan kompak. Dalam permainan tersebut, anak-anak tidak hanya melempar dadu dan menjalankan anak dadunya, tetapi di situ juga ada pertanyaan yang harus dijawab oleh anggota kelompok. Pertanyaan yang harus dijawab oleh masing-masing kelompok, adalah tentang materi Moderasi Beragama yang disampaikan oleh pemateri di awal sesi. Karena terbatasnya waktu, tidak semua siswa berkesempatan mengikuti simulasi ini, tetapi mereka tetap mengikuti semua sesi dengan antusias.

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply