Kampanye Cinta Lingkungan: 37 Kader OSIM/ MPK  Semarakkan Adiwiyata MTsN 2 Jember

MTsN 2 Jember Hadir Sebagai Inspirasi

Jember (Humas) – Dalam upaya mewujudkan madrasah yang peduli lingkungan, sebanyak 37 duta Adiwiyata MTsN 2 Jember berasal dari Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) secara aktif menggelar kampanye Cinta Lingkungan hari ini, Selasa (3/9/2024). Mereka bertugas menjadi kader Adiwiyata yang masing-masing bertugas membantu 16 Pokja untuk kampanye “Madrasah Bebas Sampah”. Kegiatan kampanye ini  menjadi salah satu rangkaian program Adiwiyata yang tengah digalakkan madrasah dengan mengaplikasikan strategi pemasaran D2D (Door-to-Door) berkunjung ke tiap ruang kelas 7 hingga kelas 9 dan mendapat respon positif dari setiap siswa. Antusiasme para siswa yang aktif saat sesi tanya jawab dan mendengarkan setiap informasi dari OSIM/MPK, telah menunjukkan komitmen bersama yang berdampak besar menciptakan “Madrasah Bebas Sampah”.

Dengan semangat tinggi, para pengurus OSIM dan MPK berkeliling kelas-kelas untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan agar bebas sampah dan mendukung terwujudnya Madrasah Adiwiyata. Izza Lailatul A sebagai pengurus MPK (kelas 8C) mengedukasi tentang bahaya penggunaan plastik sekali pakai dapat menghambat terwujudnya Madrasah Adiwiyata Bebas Sampah. “Mari kita kurangi penggunaan plastik dan beralih ke tempat bekal yang ramah lingkungan,” ajaknya.

Wakil Ketua OSIM, Rizky Ar-Rohman juga turut mengedukasi siswa kelas 7H terkait bagaimana program Adiwiyata dapat diwujudkan jika semua siswa tanpa terkecuali terbiasa dengan lingkungan bebas sampah dan konsekuensi akibat membuang sampah sembarangan. “Jika kita semua yang awalnya gak aware pentingnya lingkungan bebas sampah, sekarang setidaknya mulai lebih aware dengan memilah sampah organik dan anorganik sebelum dibuang”ujar Wakil Ketua Osim yang juga siswa kelas 8A.

Hadi Wijaya (Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan), mendukung penuh kegiatan kampanye sejak dini Lingkungan Bebas Sampah kepada siswa demi terwujudnya Madrasah Adiwiyata dan berharap mereka mulai terbiasa menjaga kebersihan. “Harapan saya semoga dengan kegiatan ini dapat menyadarkan anak-anak pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar madrasah dengan tidak membuang sampah sembarangan” ujar Waka Kesiswaan MTsN 2 Jember sekaligus Guru PJOK.

Qurratulaini, M.Pd., guru IPA sekaligus menjabat sebagai Ketua Panitia Adiwiyata saat ditemui di ruang guru (3/9/2024), sangat mengapresiasi inisiatif Kader OSIM/ MPK mendukung Program Madrasah Adiwiyata. “Mereka yang terpilih menjadi duta-duta lingkungan madrasah dapat menyadarkan semua siswa pentingnya menjaga lingkungan yang dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kesuksesan program ini dapat terwujud jika semua pihak turut berperan tidak hanya siswa, juga guru yang dapat diintegrasikan dalam kurikulum madrasah” ungkapnya.

Antusiasme siswa terlihat jelas saat kampanye berlangsung. Beberapa siswa sesaat setelah sosialisasi tergerak untuk memungut sampah yang berserakan di kelas maupun luar kelas. Tindakan nyata ini membuktikan bahwa generasi muda saat ini lebih aware terhadap lingkungan demi terwudnya Madrasah Adiwiyata dan juga menciptakan kenyamanan selama  belajar. (AR)

#KementerianSemuaAgama

Leave a Reply